Data Ormas dan LSM Kota Prabumulih

Listen to this article

PRABUMULIH. Lembayungnews|. Ormas dan LSM Kota Prabumulih yang terverifikasi. Kepala Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Muhammad Ali saat dibincangi oleh media ini di ruang kerjanya di Kantor KESBANGPOL Kota Prabumulih, mengatakan kalau pelaksanaan verifikasi yang dilakukan beberapa waktu lalu hampir rampung. Saat ini ada 42 LSM dan Ormas se-kota Prabumulih yang terverifikasi dan memenuhi persyaratan sebagai organisasi kemasyarakatan yang terdaftar. Hari ini Selasa 08/12/2020.

Tujuan Validasi dan Verifikasi

Adapun tujuan dari validasi ormas dan LSM ini untuk melakukan penertiban bagi organisasi yang belum, atau tidak terdaftar di Badan Kesatuan Kebangsaan dan Politik Kota Nanas ini. Untuk selanjutnya juga akan mempermudah dalam melakukan pendataan dan pembinaan kedepannya.

“Kami ingin agar menghapus image masyarakat yang menganggap bahwa LSM dan Ormas ini meresahkan, jadi kami lakukan validasi dan verifikasi. Kami juga berharap agar keberadaan Ormas ini menjadi bagian dari pembangunan di daerah kita, menjadi kontrol dari masyarakat,” ungkapnya memulai obrolan

Image masyarakat tentang LSM dan Ormas

“Dengan adanya pendataan beberapa waktu lalu maka kita berharap agar penilaian masyarakat tentang Ormas ini tidak selalu negatif, malah kalau dilihat di lapangan langsung, mereka ini orang-orang yang punya potensi. Jadi anggapan masyarakat yang negatif itu salah, tidak semuanya LSM dan Ormas yang berbuat Negatif, malah banyak ormas yang visi dan misinya bergerak di bidang usaha untuk kehidupan mereka, ada yang berbentuk usaha peternakan, ada yang berkebun dan lain-lain. Namun memang masyarakat juga tidak bisa disalahkan dalam hal ini, karena ada juga oknum-oknum yang berbuat meresahkan masyarakat,” lanjutnya lagi.

Baca juga : Majelis PAC Pemuda Pancasila

42 Ormas dan LSM yang terverifikasi

“Adapun verifikasi kemarin dari sekitar 80an ormas yang ada, kini menjadi 42 ormas dan LSM, yang memenuhi syarat, Yakni kepengurusannya jelas, Sekretariatnya ada dan sesuai data, pelaporan kegiatannya serta SKT yang masih berlaku. Kami sarankan bagi organisasi yang tidak terdaftar atau yang dianggap tidak valid, agar juga dapat menyadari hal itu. Kami tidak melarang jika ingin berserikat, berorganisasi, tapi harus memenuhi ketentuan yang ada, lakukan pendaftaran dan penuhi persyaratannya. Jika ada ormas dan LSM yang tidak terverifikasi di kesbangpol kota prabumulih, namun tetap melakukan aktivitas atas nama ormas atau LSM tersebut, maka kami akan meminta dari pihak kepolisian untuk dapat menertibkannya.” Pungkasnya.

Adapun data-data ormas yang terdaftar dan terverifikasi di kesbangpol prabumulih, dapat di akses di situs resmi KESBANGPOL. Atau bisa bertanya ke kantornya langsung.

Ditemui di ruangannya Kepala Bidang (Kabid) Ketahanan Ekonomi, Sosial Budaya dan Organisasi Kemasyarakatan Kesbangpol Prabumulih, Heriana, S.E., M.Si. mengatakan Apabila ada ormas atau LSM yang tidak pernah melaporkan kegiatannya, tidak ada kesekretariatannya, dan keanggotaannya tidak jelas, atau jika ada ormas atau LSM yang tidak mematuhi aturan yang ada maka akan ada sanksi.

Kabid Heriana
Kepala Bidang (Kabid) Ketahanan Ekonomi, Sosial Budaya dan Organisasi Kemasyarakatan Kesbangpol Prabumulih, Heriana, S.E., M.Si

 

Baca juga Tragedi Pembunuhan di Diva Karaoke

“Tentu kami berharap dengan adanya verifikasi beberapa waktu lalu dapat menciptakan ketertiban bagi ormas dan lsm yang ada di kota ini. Bagi pengurus Ormas dan LSM yang dianggap valid, kami juga meminta agar melaksanakan kewajibannya yakni salah satunya membuat laporan berkala, tentang kegiatan mereka,” ungkap ibu Anna menyampaikan.

Keberadaan Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di kota ini memang diperlukan sebagai kontrol bagi keberlangsungan pembangunan di kota prabumulih ini. Namun sebaiknya Ormas dan LSM yang bersangkutan juga memposisikan diri sebagai Organisasi yang mempunyai kejelasan perihal keabsahan, dan Validitasnya sebagai wadah bagi masyarakat untuk menyampaikan pendapat dan keluhannya. (Raif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *