TIPS : Manfaatkan Pekarangan Rumah Kita

Listen to this article

PRABUMULIH. Lembayungnews|. TIPS BERKEBUN. Salah satu tanaman yang tergolong mudah tumbuh, dan menghasilkan buah yang hampir sama dengan apabila kita menanamnya langsung di lahan seperti biasa, yakni Tomat.

Baca Juga :

Membuat budidaya tomat dalam polybag atau pot dengan biji cukup mudah. Hanya membutuhkan waktu 3 bulan, kita sudah bisa memanen tomat yang kita tanam. Siapa saja dan di mana saja dapat melakukan hal ini, karena tidak membutuhkan lahan yang luas, juga perawatannya pun cukup simpel.

Seperti kita ketahui, tomat merupakan salah satu jenis sayuran yang terkenal kaya akan kandungan gizi.

Tomat juga banyak manfaatnya, selain menjadi pelengkap hidangan. Dari berbagai artikel Tomat juga dapat diolah menjadi minuman jus, saus aditif asam, dan banyak lagi manfaatnya.

Untuk kesehatan dan kecantikan, tomat juga mèmiliki khasiat yang cukup bagus untuk perawatan kulit wajah

Berikut kami bagikan sedikit tutorial tahapan dalam menanam tomat pada pot. Mungkin masih ada rekan-rekan yang belum tahu caranya atau sudah lupa, mari kita simak penjelasannya dibawah ini :

4 hal penting sebelum menanam Tomat

  • Dalam menanam tomat sangat diperlukan curah hujan 120 sampai 220 mm dengan daerah tumbuh sekitar 200 sampai 1200 meter di atas permukaan laut (dpl)
  • Terdapat sinar matahari langsung yang memberikan energi kepada tanaman sekitar 6-8 jam sehari. Artinya penempatan media tanam harus terkena matahari langsung.
  • Tanaman tomat membutuhkan banyak air untuk pertumbuhannya. Jadi harus juga rutin menyiramnya terutama di musim kemarau.
Keasaman tanah yang baik adalah 6,5 sampai 7,5. Jika kurang dari itu maka lakukan pengapuran dengan dolomit. Agar tanah tetap baik dan dapat memberikan suport kepada tanaman.

.
Ada banyak macam jenis tomat yang kita kenal, seperti Tomat buah, Tomat gondok, Tomat sayur dan Tomat ceri. Pilihlah jenis mana yang kita anggap paling mudah tumbuh di areal tempat tinggal kita.

Selamat bertanam Tabulampot

Tips Tambahan

Saat menanam tumbuhan apapun, tentu kita memerlukan pupuk yang baik. Salah satu caranya adalah dengan pupuk organik yang juga bisa dihasilkan dari sisa-sisa makanan rumah tangga.

Disamping untuk kegunaan kesuburan tanaman, namun juga dapat mengurangi limbah makanan dari tempat tinggal kita.

Pembuatan pupuk dari air cucian beras dan di fermentasi

Ini cara saya merawat Tabulampot (Tanaman Buah Dalam Pot) di rumah. Pake air cucian beras yang saya fermentasi tidak hanya untuk tanaman Tomat, namun juga berguna bagi tanaman dan bungan yang lain.
Caranya :

Tabulampot
Tabulampot

1. Air cucian beras dimasukkan ke dalam botol air mineral 1,5 liter.
2. Tambahkan 1 sendok makan gula putih. Lebih bagus pake gula merah.
3. Jika air cucian beras tidak sampai 1,5 liter, tambahkan air biasa sampai terpenuhi ukurannya.
4. Tutuplah botol air mineral tersebut dan taruh di susu ruangan.
5. Jangan lupa buka tutup botol tersebut sekali dalam sehari karena akan mengandung gas.
6. Diamkan kurang lebih 6 sampai 8 hari untuk selanjutnya bisa diaplikasikan ke segala macam tanaman, termasuk tanaman bunga.

Selama saya pake cara ini, ada banyak kelebihan. Di antaranya:                              *Daun  menjadi lebih kuat
*Hasil Buahnya lebih lebat
*Bunga tidak gampang rontok

cara pemakian :
Siramkan pupuk buatan ini sedikit-sedikit saja ke seputaran akar pohon.

Utamakan penyiraman dilakukan saat sore hari.

Selamat mencoba 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *