Ini 6 Bantuan Pemerintah yang Patut Kita Ketahui

Listen to this article

NASIONAL. Lembayungnews|. Bantuan Pemerintah dalam masa pandemi Covid-19 ini, sangat intens dilakukan. Kami tuliskan ada 6 bantuan yang sampai saat ini masih terus berjalan untuk membantu perekonomian masyarakat yang terkena dampak global dari virus Corona ini.

Menurut informasi, bahwa hingga tahun 2021 pemerintah akan tetap fokus pada program perlindungan ekonomi nasional yang terdampak akibat Covid-19. Bantuan-bantuan tersebut juga dapat dilihat dan dicari informasinya dengan mudah, bqgi masyarakat yang ingin mengetahuinya.

Sejumlah program bantuan diberikan pada kalangan pekerja, pencari kerja, pelaku usaha kecil menengah, dan sebagainya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan sejumlah program perlindungan sosial 2020 akan tetap dilanjutkan pada 2021 nanti dengan total anggaran mencapai Rp110 triliun.

Adapun 6 bantuan sosial dan BLT yang diperpanjang hingga 2021 yakni;

1. Bantuan Subsidi Gaji atau BLT BPJS Ketenagakerjaan

Subsidi Gaji

Dengan memenuhi persyaratan yang ada agar bisa mendapatkan bantuan ini adalah:

1. Pekerja atau buruh adalah warga negara Indonesia yang dibuktikan dengan nomor induk kependudukan (NIK).
2. Terdaftar sebagai peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan. Bisa dibuktikan dengan nomor kartu kepesertaan.
3. Berstatus sebagai peserta dengan status kepesertaan sampai dengan bulan Juni 2020.
4. Pekerja merupakan peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan yang membayar iuran dengan besaran iuran dihitung berdasarkan gaji atau upah di bawah Rp 5 juta.

■ Cara mendapatkannya:

Untuk info bisa tanyakan di kantor BPJS Ketenagakerjaan, atau dapat mengakses situs layanan online yang kami share di bawah ini.
sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

2. Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja ini sudah dimulai pada bulan April. Saat ini sudah memasuki gelombang 12, dan akan mulai buka pendaftarannya pada tahun 2021 mendatang.

Persyaratan mendapatkan bantuan ini adalah:

1. Warga Negara Indonesia
2. Berusia minimal 18 tahun
3. Tidak sedang menempuh pendidikan

■ Cara mendapatkannya:

Dengan melakukan pendaftaran Kartu Prakeja dengan dua cara, yakni secara online dan offline. Untuk pendaftaran Kartu Prakerja secara online dapat melakukan Login ke website www.prakerj.go.id beberapa tahapan diantaranya membuat akun, pendaftaran akun email, dan mengikuti tes yang disediakan.

Sementara untuk mendaftar Kartu Prakerja secara offline dapat melalui Kementerian Ketenagakerjaan tau pemerintah daerah khususnya Dinas Ketenagakerjaan. Peserta langsung mendatangi lokasi instansi tersebut dengan mengisi formulir sama dengan format isian pendaftaran secara online.

3. Banpres BPUM BLT UMKM Rp2,4 juta

Seperti yang pernah diberitakan pada situs berita ini beberapa waktu lalu. Pendaftaran BPUM BLT UMKM dapat dilakukan melalui online dan offline melalui Dinas Koperasi Kabupaten/Kota masing-masing yang dapat dicairkan di bank BRI terdekat.

BLT UMKM Belum Cair? Cek Di sini

Pelaku UMKM dapat melakukan pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 juta dapat mendaftarkan diri kepada lembaga atau instansi yang ditentukan oleh Kemenkop UKM RI yaitu:

• Dinas yang membidangi Koperasi dan UMKM Provinsi/Kabupaten/Kota seluruh Indonesia
• PPKL dan Konsultan Pendamping PLUT yang melakukan pendataan lapangan
• Pendamping KUMKM : ABDSI, ICSB, Fokus-Lunas, dan Lapenkop
• Instansi/ Asosiasi/ perkumpulan/ Komunitas yang diberikan Surat keterangan Resmi dari Kemenkop UKM RI.

Adapun persyaratannya:
1. Warga Negara Indonesia
2. Mempunyai Nomor Induk
3. Kependudukan atau NIK
4. Memiliki Usaha Mikro
5. Bukan ASN, TNI/Polri serta bukan Pegawai BUMN/BUMD
6. Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR
7. Bagi pelaku usaha mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha yang berbeda dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha atau SKU.

4. BLT Rp500 Ribu per KK non PKH

Pemerintah melalui Kemensos menyalurkan bantuan sosial yakni Bantuan Sosial Tunai BST sebesar Rp500 ribu kepada masyarakat non PKH. Calon penerima bantuan harus memenuhi syarat antara lain keluarga bukan penerima manfaat Program Keluarga Harapan atau PKH. Penerima juga bukan penerima bantuan program bantuan pangan non tunai atau BPNT Kartu Sembako.

Untuk cara daftar hubungi kantor desa/kelurahan karena data ini usulan dari desa/kelurahan melalui Dinas Sosial.
Sementara untuk Untuk mengetahui apakah Anda termasuk penerima BLT Bansos Rp500 ribu atau tidak dapat di cek langsung melalui laman cekbansos.siks.kemsos.go.id.

■ Cekbansos.siks.kemensos.go.id

5. PKH

Program Keluarga Harapan atau PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga miskin. Pemerintah menetapkan mereka sebagai keluarga penerima manfaat PKH.

Terdapat empat kategori dalam satu keluarga penerima bantuan PKH yakni:

1. Kategori ibu hamil/nifas,
2. Anak usia dini s/d 6 tahun,
3. Pendidikan wajib belajar 12 tahun,
4. Kategori penyandang disabilitas berat,
5. Hingga kategori lanjut usia.

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut, dapat memantau melalui link website Cekbansos.siks.kemensos atau unduh aplikasi SIKS-Dataku di Google Play Store.

6. Kartu Sembako

Nah Kartu Sembako ini merupakan program yang bertujuan agar rakyat miskin dapat memenuhi kebutuhan pokok sehari-harinya.

Penerima bantuan Kartu Sembako yakni termasuk dalam program perlindungan nasional ini perlu memastikan datanya di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS.

Coba daftarkan diri anda jika dianggap layak

Bagi masyarakat yang belum mendaftar, dan dinilai layak menerima bantuan pemerintah, maka daftarkanlah diri anda atau keluarga anda, manfaatkan kesempatan bantuan dari Pemerintah yang memang tertuju untuk semua masyarakat yang benar-benar membutuhkan bantuan ini.

Jika mengalami kesulitan, bisa meminta bantuan petugas tempat kita mendaftar. Selamat mendaftar, semoga berhasil.

Dari berbagai sumber.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *