Penyerahan Bantuan 100 Etalase dan 25 Gerobak Bagi Pedagang Keliling dan Kuliner Kota Prabumulih

Listen to this article

PRABUMULIH. Lembayungnews|. Penyerahan Bantuan Gerobak/Etalase sebagai Kegiatan Pengembangan Pedagang Keliling dan Kuliner di Kota Prabumulih. Hari ini Rabu, 23/12/2020 yang berlangsung di Pendopoan Rumah Dinas Walikota Prabumulih. Pelaksana kegiatan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kota Prabumulih. Yang langsung dihadiri oleh Walikota Prabumulih Ir. H. Ridho Yahya, MM.

Turut pula hadir pada acara ini Kepala Dinas Perindag, Mukhtar Edi, Ketua Team PKK Prabumulih, Suryanti Ngesti Rahayu, Pimpinan Cabang Bank Sumsel Babel Kota Prabumulih, Tian Kedaumpu Yamin, dan segenap pimpinan OPD Kota Prabumulih yang terkait dalam acara ini.

Walikota dan Kepala Cabang Bank Sumsel Prabumulih
Walikota dan Kepala Cabang Bank Sumsel Babel Prabumulih

Para penerima bantuan hari ini berasal dari 6 kecamatan yang ada di kota prabumulih, sesuai dengan kebutuhan mereka, ada yang mendapatakn Gerobak, dan ada yang mendapatakn Etalase, sebanyak 100 Etalase dan 25 Gerobak akan dibagikan dan langsung diantarkan ke kediaman para penerima bantuan.

Baca juga: Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Cabang Fatayat NU Prabumulih

Selain daripada itu para pedagang pun mendapatkan pinjaman dari Bank Sumsel Babel Prabumulih, berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga yang sangat kecil yakni pinjaman Rp1 juta, pembayaran 85 ribu perbulan selama 1 tahun.

Baca lainnya:

■ Ir. H. Ridho Yahya Tinjau Pembangunan RSUD Prabumulih

Saat dibincangi oleh awak media, Walikota Prabumulih mengatakan bagi yang menerima bantuan ini harus menjaganya dan amanah.

“Sebelum penyerahan kita juga buat perjanjian agar gerobak itu bisa dimanfaatkan dengan baik, dan jangan dijual gerobaknya, dan untuk tahun ini verifikasinya lebih ketat dari tahun sebelumnya. Kita nanti lakukan survey, jika memang benar mereka berdagang, pasti akan kami bantu,” ujar Ridho Yahya menjelaskan.

Terkait pertanyaan tentang efesiensivatau tidaknya pemberian bantuan Gerobak ini, walikota mengatakan kalau masyarakat yang meminta sendiri dan sudah banyak juga yang terbantu dengan program ini.

“Ini kan permintaan mereka, mereka datang ke rumah dinas dan meminta bantuan Gerobak, artinya kan apa yang sudah kita lakukan dulu bermanfat bagi mereka, dan juga daripada kita beri uang lebih baik kita berikan mereka Gerobak. Istilahnya daripada memberi ikan lebih baik memberi pancing.” Ungkap Walikota dua periode ini.

Kepala Cabang Bank Sumsel Babel Prabumulih Tian Kedaumpu Yamin menyampaikan bahwa dalam kesempatan ini Bank Sumsel berperan sebagai Bank Pemberi pinjaman modal usaha, berbentuk KUR.

“Dari 125 orang yang kita dengar tadi, nanti datanya kita ambil dari Disperindag Parabumulih. Tadi sudah kita lakukan penyerahan pinjaman sebagai sampel kepada 5 orang penerima bantuan hari ini. Pinjaman ini bungannya sangat lunak, yakni pinjaman Rp1 juta dengan pembayaran 85 ribu perbulan dikalikan 12 bulan jadi bunganya hanya sekitar Rp20 ribu, sangat lunak. KUR atau Kredit Usaha Rakyat ini bertujuan membantu masyarakat yang memang membutuhkan modal usaha,” jelasnya, sembari mengatakan bahwa Program KUR ini akan terus berjalan sampai tahun depan. (Rasman Ifhandi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *