KOTI PP Prabumulih: Selamat atas Terpilihnya Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo Menjadi Kapolri

Listen to this article

PRABUMULIH. Lembayungnews|. Setelah diajukan oleh Presiden Joko widodo sebagaicalon tunggal menjadi Kapolri, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjalani fit and proper test oleh Komisi III DPR RI. dan uji kelayakan tersebut mendapat respons positif dan di setujui 9 fraksi di DPR untuk mengangkat beliau menjadi Kapolri menggantikan Jendral Idham Aziz. Kamis kemarin 21/01/2021.

Komandan Komando Inti Mahaditana (KOTI) Pemuda Pancasila di bawah naungan Majelis Pimpinan Cabang Kota Prabumulih. Mengucapkan selamat atas terpilihnya Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri. Semoga dengan terpilihnya beliau, hukum di indonesia makin tajam terhadap para koruptor.

“Selamat atas terpilihnya Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri. Semoga dengan dipimpin beliau hukum di negeri ini akan semakin tajam kepada para koruptor yang banyak merugikan negara dan bandar narkoba yang kita ketahui sebagai perusak masa depan anak bangsa,” ungkap Kamal.

“Keluarga besar Pemuda Pancasila Prabumulih dan seluruh anggota KOTI, tentu akan terus mendukung penegakkan hukum yang seadil-adilnya di negeri ini terutama di Kota Prabumulih,” tambah Kamal lagi.

Seperti diketahui sebelumnya bahwa kemarin sudah dilaksanakan uji kelayakan yang langsung di setujui fraksi-fraksi.

Dewan Perwakilan Rakyat menyetujui pengangkatan Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri lewat rapat paripurna Kamis, 21 Januari 2021. Dewan juga menyetujui pemberhentian dengan hormat Jenderal Idham Azis dari jabatan Kapolri.

Komisi III lalu melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon Kapolri pada Rabu kemarin, 20 Januari 2021. Listyo Sigit menjalani fit and proper test selama tiga jam hingga sembilan fraksi yang ada kompak menyatakan menyetujui pengangkatannya sebagai Kapolri.

Adapun menurut informasi yang kami dapat, sebelum menjabat Kabareskrim, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjabat sebagai Kadiv Propam Polri. Kini, tugas tersebut diambil alih oleh Ignatius Sigit Widiatmono.

Situs Akpol mencatat nama Listyo merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1991. Dia melanjutkan studi magister di Universitas Indonesia, membuat tesis tentang penanganan konflik etnis di Kalijodo.

Listyo Sigit yang lahir di Ambon, 5 Mei 1969 ini juga sempat menjadi Kapolres Pati, Jawa Tengah pada tahun 2009.

Hanya satu tahun menjabat, Listyo Sigit berpindah tugas menjadi Kapolres Sukoharjo, masih di bawah lingkungan Polda Jawa Tengah.

Pada 2010, dia menjabat sebagai Wakapolrestabes Semarang. Tak lama, pindah tugas menjadi Kapolresta Surakarta pada tahun 2011.

Pada 2012, Listyo kembali ditugaskan di Jakarta untuk menjabat sebagai Asubdit II Dit Tipdum Bareskrim Polri. Sejak bulan Mei 2013, dirinya bertugas di Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Tenggara. Kemudian, pada 2014, Komjen Listyo Sigit Prabowo mendapat kepercayaan untuk menjadi ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dengan jabatan ini, sosoknya semakin dikenal oleh banyak kalangan. Karier Listyo Sigit makin moncer setelah menjadi ajudan Jokowi. Pada 2016, dia menjadi Kapolda Banten, menggantikan Brigjen Pol Ahmad Dofiri. Acara serah terima jabatan (sertijab) dilakukan di Mapolda Banten. Pengangkatannya sebagai Kapolda Banten sempat menjadi kontroversi, dan ditolak oleh MUI Banten, karena ia non-Muslim.

Baca juga

■ Gonjang-Ganjing Pilkada Kota Prabumulih

■ Akibat Kecelakaan Saat Bekerja, Sudah Setahun Lebih Riko Tak Dapat Beraktivitas Seperti Biasanya

Namun pada akhirnya, Listyo meminta dukungan terhadap kalangan ulama untuk menciptakan suasana kondusif dan aman. Pada tahun 2018, Listyo Sigit Prabowo mendapatkan kepercayaan sebagai Kadiv Propam Polri. (**Raif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *