Hujan Deras Sore ini Sebabkan Banjir di Beberapa Kelurahan

Listen to this article

PRABUMULIH. Lembayungnews|. Hujan deras yang semenjak sore mengguyur kota nanas ini, membuat beberapa kelurahan di kota ini mengalami banjir. Kelurahan Gunung Ibul Barat, Kelurahan tugu Kecil, Kelurahan Karang Raja, adalah salah satu wilayah dari banyaknya kelurahan yang langganan terkena banjir. Sabtu 06/03/2021

Melihat dari beberapa postingan di group whatsapp dan FB seperti di kelurahan Gunung Ibul barat, Lurah Kelurahan GIB ini mengeluhkan kondisi kelurahannya yang sudah menjadi sasaran di saat banjir melanda.

“Kami dari pihak RT, RW Kelurahan Gunung Ibul Barat, sudah sering menyampaikan usulan normalisasi sungai Nibung, karena saat ini kondisi sungai tersebut mulai mengalami pendangkalan, agar tidak terjadi luapan debit air diwaktu hujan,”

“Himbauan kami juga agar kita semua menjaga kebersihan sungai dan mematuhi pembangunan dengan tidak mengambil/membangun/menimbun Daerah Aliran Sungai (DAS) serta hati hati terhadap kabel listrik yg terletak dibawah” ujar Lurah Arif Trianto, melalui postingan fb nya.

Selanjutnya di wilayah Tugu Kecil terlihat genangan air sampai sebatas paha orang dewasa, arus air yang lewat pun terlihat begitu deras membawa tumpukan sampah yang berserakan.

Di jalan jendral Sudirman, tepatnya di Gorong-gorong Samping Gereja Metodis Indonesia, bekas gedung Polsek lama, ini termasuk wilayah yang acap kali mengalami banjir yang cukup dalam.

Meskipun genangannya tidak terlalu lama namun cukup menghambat lalu lintas kendaraan yang Melewati jalan tersebut.

Karang Raja, termasuk salah satu Kelurahan yang rawan banjir, kebanyakan karena luapan sungai kelakar yang meluber, lalu menggenangi daerah-daerah rendah di kelurahan ini. Penyebab lainnya adalah karena kiriman air dari atas, seperti Gorong-gorong samping BRI, Gorong-gorong jalan jendral sudirman, serta luapan air dari sungai kelekar sendiri.

Tetap waspada bagi kita semua, terutama bagi yang mempunyai anak kecil, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.

Mari bersama kita menjaga lingkungan kita, dengan tidak membuang sampah ke sungai, karena dengan banyaknya sampah akan menghambat aliran sungai yang memang saat ini banyak yang makin menyempit. Menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal, akan menguntungkan diri kita sendiri. (Raif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *