Vaksin Sinovac Tiba di Prabumulih

Listen to this article

PRABUMULIH. Lembayungnews|. Sebanyak 4.920 Vaksin Sinovac tiba di Kota Prabumulih, vaksin langsung dibawa ke gedung UPTD Farmasi Dinas Kesehatan kota prabumulih untuk diamankan. Senin 25/01/2021 sekira pukul 15.00 WIB dengan pengawalan ketat dari pihak kepolisian dan Saat Brimob Polda Sumsel serta beberapa anggota Polres Kota Prabumulih.

Melalui Sekretaris Dinkes drg. Sri Widiastuti, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), dr H Happy Tedjo membenarkan kedatangan vaksin tersebut.

“Iya benar sudah sampai dan untuk sementara waktu vaksinnya belum bisa digunakan, jadi kita simpan dahulu di Gudang Farmasi untuk dipergunakan nanti,” terangnya.

“Selanjutnta mulai sore ini gudang tersebut dijaga oleh aparat gabungan yaitu TNI-Polri, dan Satpol PP serta ada juga dari pihak Dinas Kesehatan,” jelas Sekdin menerangkan.

Adapun untuk rinciannya vaksin tersebut akan diberikan kepada Tokoh Forkompimda sebanyak 15 orang, untuk Nakes sebanyak 2.821 orang, dan untuk TNI/Polri, Guru, NU, Muhammadiyah termasuk katagori dan lain lain sebanyak 2.084 orang, pada tahap awal ini.

“Pada tahap awal itu rinciannya, namun pelaksanaannya nanti akan dilakukan oleh pihak Nakes yang memang sudah berpengalaman, karena kita juga akan mengantisipasi hal apa saja setelah vaksin diberikan,” lanjut drg. Sri

Wali Kota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM saat dibincangi awak media mengatakan bahwa vaksin tersebut memang sudah tiba dari provinsi, dan akan diamankan dahulu.

“Vaksin kita sudah datang lebih kurang sebanyak 4.920 vial, untuk satu orang itu dua kali vaksin dan siap untuk dilaksanakan vaksinasi,” kata Ridho Yahya.

Untuk jadwal pelaksanaannya Walikota mengatakan akan segera dilakukan. Dan pada tahap awal ini akan lebih mengutamakan vaksinasi terhadap tenaga kesehatan dan tokoh masyarakat.

Karena menurutnya hal ini karena para Nakes dan tokoh masyarakat lebih dahulu berhadapan degan Covid-19 Ini.

Tercatat ada sekitar 2400 tenaga kesehatan dan tokoh masyarakat beserta sebanyak 10 sampai 15 tokoh kepala di Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Prabumulih yang akan divaksinasi sebanyak dua kali.

“Menurut data yang kami punya, kelompok Nakes dan Tokoh Masyarakat adalah orang yang langsung bersentuhan dengan para pasien, mereka yang lebih rentan terkena virus Covid ini. Yang namanya rumah sakit kan rawan dengan virus, makanya kita akan dahulukan mereka,” ungkapnya.

Selanjutnya yang kita utamakan adalah masyarakat sambung orang nomor 1 di prabumulih ini.

“Masyarakat yang akan kita lebih utamakan. Tapi kalau masyarakatnya takut, nanti pemimpinnya yang didahulukan, untuk memberikan kepercayaan kepada masyarakat kalau vaksin ini benar-benar tidak ada masalah dan untuk menghindari kita dari covid-19 ini, dan juga batasan umurnya yakni dibawah 60 tahun,” tutupnya.

Saat ditanya apakah beliau juga akan ikut di vaksin, beliau mengatakan kalau dia juga siap jika masyarakat ragu dan takut dan meminta saya yang didahulukan.

“Meskipun saya sudah 59 tahun lebih, namun saya siap melakuaknnya lebih dulu jika masyarakat meminta demikian,” ujarnya menegaskan.

Baca juga :

Terduga Pelaku Pembunuhan Ibu Kandung Masih Dalam Pengejaran Polisi

Berbagai macam pendapat beredar di masyarakat tentang Vaksin ini, ada yang menolak dan juga aa yang siap menerima vaksin sinovac ini. Setidaknya ada keinginan dari masyarakat untuk bisa mengetahui lebih jauh dengan tentang Vaksin yang baru tiba hari ini di kota prabumulih. (Raif)

2 Replies to “Vaksin Sinovac Tiba di Prabumulih”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *