SMSI Prabumulih Siap Mendukung Program Kejari Jaksa ‘Bina Desa Wisata’

Listen to this article

PRABUMULIH. Lembayungnews|. Audiensi Ketua dan Pengurus SMSI dengan Kajari Kota Prabumulih, Topik Gunawan, SH.,MH. Dalam rangka pelantikan pengurus dan anggota SMSI yang dijadwalkan tanggal 31 Maret besok, bertempat di Rumah Dinas Wali Kota Prabumulih. Selasa 30/03/2021.

Dalam kesempatan obrolan dengan Kepala Kejaksaan Negeri Kota Ini, beliau didampingi Kasintel Kejari Prabumulih, Hendra Fabianto, SH. Mengatakan bahwa ada program khusus dari Kejari Prabumulih yakni Jaksa Bina Desa Wisata. Yang mana program ini adalah program tupoksinya Kasi Intel, dengan berkerjasama dengan pemkot prabumulih yakni Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) selaku leading sektornya.

“Program ini bekerja sama dengan pemerintah kota prabumulih melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DISPOPAR) ini merupakan tugasnya dari Kasi Intel, dan Dispopar bersama dinas yang lainnya yakni Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) yang saat ini sudah berjalan sekirar 40 persen, dan kita juga sudah lakukan koordinasi dengan OPD terkait serta kita juga sudah lakukan chek on the spot lokasi yang punya potensi wisatanya, baik yang dari nol persen progresnya nanti kita up dan akan kita adakan bimtek,” Ujar Topik menjelaskan.

Lanjutnya lagi Bimtek tersebut bertujuan agar setiap desa dapat memiliki produk yang layak jual.

“Ada 4 Desa yang menjadi target kita yakni desa Karang Bindu,Jungai, Karya Mulya, dan Sinar Rambang. Nanti akan kita pilih lokasi desa mana yang kita tetapkan. Setelah itu akan dilakukan Bimtek atau pelatihan yang tujuannya adalah agar masyarakat desa dapat membangun destinasi wisata yang layak jual. Karena kita tahu masyarakat Kota Prabumulih ini termasuk produktif, dan saya yakin semua komponen masayarakat disini punya aktivitas pencaharian semua jadi mereka butuh tempat wisata sebagai tempat refreshing,” tambahnya lagi.

Destinasi wisata yang menjadi target dari kejaksaan kota prabumulih adalah tempat wisata alam, atau danau tempat pemandian.

“Kami kemarin sudah cek ke lokasi langsung dan permasalahannya yang paling utamanya adalah sarana prasarananya yang kurang, baik Gapura atau jalan akses masuk ke lokasi,” beber Kajari menerangkan.

Selanjutnya juga Kajari berharap agar kedepannya masyarakat desa dapat lebih memahami penggunaan IT, agar dapat mempublikasikan destinasi wisata di daerahnya.

Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kota Prabumulih, Donni, SH. yang juga mantan ketua PWI periode 2015-2018 yang lalu menyampaikan bahwa organisasi pengusaha media siber prabumulih akan siap membantu program yang dimiliki oleh Kejaksaan Negeri Prabumulih.

“Untuk itu kami sebagai wartawan dan sekaligus juga sebagai pengusaha media yang memiliki perusahaan sendiri, akan siap membantu dalam hal publikasi kegiatan tersebut. Dan kami berharap agar Kepala Kejaksaan juga membuka peluang itu untuk kami,” ungkap Donni yang hari ini melakuakan audiens dengan Kajari dan kasintel Kejari sekaligus menyampaikan undangannya untuk acara pelantikan pengurus dan anggota SMSI yang akan dilakukan besok. (Rasman Ifhandi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *