Masjid-Masjid Besar Kota Prabumulih, Masjid Agung Nur Arafah

Listen to this article

SAFARI RAMADHAN. Lembayungnews|. Sebelum menjadi masjid yang saat ini berstatus Masjid Agung, di lokasi berdirinya Rumah Ibadah ini berdiri sebuah Bioskop yang dahulu sebagai tempat hiburan bagi masyarakat kota tercinta ini. Bioskop Palapa.

Bioskop Palapa sendiri terkenal dengan film-film action-nya dan merupakan bioskop kedua setelah bioskop Nasional.

Namun setelah bisnis perfilman Bioskop kalah oleh kemajuan teknologi maka banyak warga masyarakat yang beralih ke Video Cassete Recorder (VCR)

Pertengahan tahun 70-an Sony sebagai produsen produk elektronik ternama, meluncurkan Betamax VCR (Video cassete recorder). Dengan alat itu kita bisa menonton film apapun yang kita suka, kalau punya kaset videonya. Sesuatu yang baru dan sensasional.

Tahun 80-an produk TVR (Video Tape Recorder) atau VCR (Video Cassete Recorder) juga mulai populer di Indonesia. Seiring dengan banyaknya rumah yang memiliki mesin pemutar video sendiri bisnis penyewaan video dalam format betamax pun tumbuh subur. Dan hal inilah yang membuat pengusaha Bioskop di kota ini menjadi kehilangan pelanggannya.

Baca Juga

Link Murottal 30 Juz Alquran Sebagai Salah Satu Amalan di Bulan Suci Ramadhan

Beberapa Peristiwa Besar yang Terjadi di Bulan Ramadhan

Setelah tidak lagi menayangkan film di Bioskop Palapa maka lokasi tersebut pun di bangunlah sebuah Masjid besar Nur Arafah.

Masjid Agung Nurul Arafah adalah Masjid Agung di Kota Prabumulih provinsi Sumatera Selatan. Pada awalnya masjid ini merupakan salah satu dari 30 masjid yang dibangun oleh Yayasan Amal Bhakti Muslim Pancasila (YAMP) di wilayah provinsi Sumatera Selatan pada tahun 1997.

Masjid Nur Arafah merupakan kategori Masjid Besar. Yang beralamat di Kelurahan Pasar I Kecamatan Prabumulih Utara Kota Prabumulih Prabumulih Sumatera Selatan. Bangunan yang berdiri diatas tanah 625 m2, dengan luas bangunan 1.800 m2 dengan status tanah Wakaf. Masjid Nur Arafah memiliki jumlah jamaah 150-200 orang.

Seiring berjalannya waktu serta dengan perkembangan yang terjadi di kota ini, kemudian di tahun 2015 masjid ini direhabilitasi oleh pemerintah kota Prabumulih atas perintah dari Walikota Ir H Ridho Yahya MM, bersamaan dengan rehabilitasi terhadap gedung MUI Kota Prabumulih dan Baznas Prabumulih yang berada di komplek masjid ini. Sejak itu status masjid ini ditingkatkan menjadi Masjid Agung bagi kota Prabumulih.

Masjid ini merupakan masjid terbesar kedua di Kota Prabumulih setelah masjid di Komplek Islamic Center di Jalan Lingkar. namun berbeda dengan Islamic Center yang berada jauh dari pemukiman penduduk, Masjid Agung Nurul Arafah ini justru berada di Jalan Jendral Sudirman di pusat kota Prabumulih, tak jauh dari pasar di pusat kota nanas tersebut.

Seperti masjid agung di kota-kota lainnya di Indonesia, selama bulan suci Ramadhan Masjid Agung Nurul Arafah kota Prabumulih ini juga biasanya menyediakan tajil bagi para jemaah temasuk juga nasi kotak untuk berbuka bagi mereka yang sedang berada di masjid tersebut pada saat tiba waktu berbuka puasa.

Selamat menjalankan ibadah puasa dengan ikhlas dan penuh ketaqwaan kepadaNya. Mudah-mudahan kita semua akan mendapatkan pahala di sisi Allah Subhanahu Wa ta ala. Aamiin. (Raif)

Editor: Rasman Ifhandi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *