Masjid-Masjid Besar Kota Prabumulih, Salah Satu Masjid Tertua Kota Nanas An-Nuqoba

Listen to this article

SAFARI RAMADHAN. Lembayungnews |. Salah satu bangunan tertua di kota Prabumulih ini yakni Masjid An-Nuqoba, masjid yang dibangun di atas tanah wakaf pada tahun 1949, Luas Tanah 360 m2 dengan luas bangunan 200 m2, dapat menampung jamaah sampai 250 orang.

Masjid yang terletak di Jalan Jendral Sudirman No. 49 Kota Prabumulih, adalah masjid legenda bagi masyarakat Kota ini, selain tempatnya yang strategis, dan berdampingan dengan pasar inpres. Juga dahulu belum banyaknya bangunan masjid besar untuk melakukan sholat ied.

Sebagian dari masyarakat di wilayah sekitar masjid pun melakukan sholat ied di Masjid ini. Dahulu sebelum adanya pemekaran wilayah, atau saat kota ini masih masuk wilayah Muara Enim. Dari Karang Raja, Lorong Lematang, Komplek Stasiun, Kenari, Komplek Nasional dan lain-lain, semuanya datang dan memenuhi Masjid An-Nuqoba.

Saat bulan ramadhan tiba masjid ini penuh sesak oleh warga masyarakat yang menunaikan Sholat Tarawih, dan jika lebaran tiba, pada saat pelaksanaan sholat ied maka jalan jendral sudirman pun akan penuh oleh jamaah. Seperti yang terlihat pada Foto.

Saat sholat ied, kisaran tahun 1975 di masjid an nuqoba

 

Masjid An-Nuqoba kala itu menjadi masjid utama layaknya masjid agung di kota ini. Masjid yang lokasinya juga tak jauh dari bioskop RIA yang selanjutnya berubah nama menjadi bioskop King.

Seperti masjid di kota-kota lainnya di Indonesia, selama bulan suci Ramadhan Masjid An-Nuqoba kota Prabumulih ini juga biasanya menyediakan tajil bagi para jemaah temasuk juga nasi kotak untuk berbuka bagi mereka yang sedang berada di masjid tersebut pada saat tiba waktu berbuka puasa.

Selamat menjalankan ibadah puasa dengan ikhlas dan penuh ketaqwaan kepadaNya. Mudah-mudahan kita semua akan mendapatkan pahala di sisi Allah Subhanahu Wa ta ala. Aamiin. (Raif)

Editor: Rasman Ifhandi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *