Masya Allah, Ini Masjid Tertua di Prabumulih, Masjid Tijanul Islam Tanjung Telang

Listen to this article

PRABUMULIH. Lembayungnews|. Masjid Tijanul Islam adalah masjid tertua di kota Prabumulih menurut data yang kami dapat. Masjid yang didirikan pada tahun 1940 beralamat di Desa Tanjung Telang Kecamatan Prabumulih Barat Kota Prabumulih.

Dapat kita bayangkan, sebelum masa kemerdekaan, Masjid ini sudah berdiri di kota tercinta Prabumulih meskipun jauh dari keramaian. Ini menandakan bahwa di wilayah desa Tanjung Telang dahulu ada ulama besar dan dengan kecintaan terhadap agama yang begitu kuat.

Terbukti dengan konsistensinya kegiatan keagamaan yang berpusat di Masjid Jami tertua ini. Atau pengajian dari golongan anak-anak, remaja dan sampai ke orang tua yang terus berlangsung, terlebih di bulan yang penuh rahmat ini. Dan dengan sedang dilaksanakannya pembangunan masjid Jami’ (Ponpes) Ma’al Qur’an, di Desa Tanjung Telang menambah komplit suasana religi di Desa ini.

Masjid Tijanul Islam dibangun diatas tanah wakaf seluas 240 m², Dengan luas Bangunan 180 m², masjid tua ini terlihat megah dan gagah, dengan tiang besar didalamnya.

Namun yang membuat kita berdecak kagum adalah kegiatan di dalamnya, ada banyak pengajian yang dilaksanakan di dalam masjid legenda ini. Selain itu pada setiap tahunnya tradisi buka bersama untuk menjalin tali silaturahmi terus dilakukan. Seperti yang kami kutip dari status FB belide_mengaji di bawah ini.

Ayok buka bersama para penghafal Alquran

Alhamdulillah masjid Tijanul Islam desa tanjung telang kecamatan prabumulih barat kota prabumulih selalu padat dengan kegiatan.

➡️ Kajian ibu2 setiap hari Ahad siang sampai menjelang ashar

➡️ kajian Bapak-bapak setiap malam jumat dan senin

➡️ ngaji anak-anak Alquran dan jilid setiap sudah subuh, duhur dan maghrib

➡️ ngaji alquran dan jilid untuk ibu2 setiap hari setelah ashar.

ditambah kegiatan buka bersama setiap petang selama bulan Ramadhan ini.

Ikhwatah fillah saudaraku saudariku… bulan Ramadhan adalah kesempatan emas untuk mengumpulkan bermacam ibadah dan pahala.

Kami keluarga besar masjid Tijanul Islam membuka tangan selebar-lebarnya bagi anda yg ingin ikut berpartisipasi dalam kegiatan amal ini.

Adapun yang kami butuhkan saat ini adalah:

➡️ dana untuk buka bersama selama bulan Ramadhan. 🍱🥘🍲🍔

Bisa transfer melalui: 1182424355 (BNI)
atas nama: EDI KURNIAWAN

Konfirmasi: +966580825712 (WA) tarzakariya

Baarokallahu fiikum… 🙏🏻🙏🏻

Semoga Allah memberikan kesehatan kepada kita sekalian, di berikan Taufik dan inayah-NYA serta kelancaran dalam menjalankan ibadah puasa ramadhan ini.

Amin

#belide_mengaji

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *