Unik! Pemberian Nama Pada Anak Berdasarkan Kejadian, No 4 Persiapan Musim Hujan

Listen to this article

NUSANTARA. Lembayungnews|. Sering kita mendengar beberapa ungkapan tentang bagaimana baiknya memilih nama anak, dan dalam agama islam pun ada tuntutannya dalam memberikan nama seorang anak. karena pemberian nama yang baik kepada anak adalah sebagai salah satu bentuk Doa, orang tuanya terhadap anaknya.

Namun banyak juga orang tua yang memberikan nama anaknya dengan nama yang unik, mereka tentu punya alasan sendiri dengan memberikan nama pada anaknya dengan kalimat yang bikin kita tersenyum simpul.

Di beberapa situs berita atau artikel, kita sering temukan nama-nama yang lain dari biasanya, yang membuat geli para netizen, dan kebanyakan dari mereka pun cukup bahagia dengan nama unik tersebut.

Kita sering mendengar ungkapan, “Apalah arti sebuah nama” ternyata sebuah nama itu sangat lah berarti.

Di bawah ini kami cantumkan beberapa nama unik dan nyeleneh yang cukup membuat kita berdecak kagum sambil tersenyum.

1. DUA MALAM SEHARI
Pria dengan nama Dua Malam Sehari

 

Terinspirasi dari sebuah kejadian yang sulit saat melahirkan. Seorang warga di Karanganyar, Jawa Tengah, diberikan orang tuanya nama yang unik. Berbeda dengan nama pada umumnya, pria yang lahir pada 13 Mei 1975 itu bernama Dua Malam Sehari.

Kisah pemberian nama Dua Malam Sehari itu bermula saat terjadi masalah ketika proses persalinan. Almarhum bapaknya yang bernama Sapuan Djoyo Supadmo risau gara-gara kelahiran Hari tidak kunjung lahir sesuai prediksi.

Ibunya, Sutasmi Djoyo Supadmo, harus menanggung sakit selama satu hari, dua malam karena bayi dalam kandungannya belum juga terlahir. Karena durasinya yang cukup lama itulah menjadi motivasi orang tuanya memberikan nama tersebut.

“Kenapa dinamakan Dua Malam Sehari itu karena cerita waktu itu, saya tidak kunjung lahir. Padahal seharusnya itu sudah saatnya saya lahir. Ibu saya harus merasakan sakit selama dua malam sehari. Orang desa nyebutnya ‘nglarani’,” cerita Hari dikutip dari Solopos. com Sabtu (11/7/2020).

Hari panggilan bagi pria ini, bercerita ibunya melahirkan di rumah dibantu oleh bidan setempat di Dukuh Sawahan, Desa Karangpandan, Kecamatan Karangpandang, Karanganyar. Dia menggambarkan ilmu medis kala itu belum maju dan lengkap seperti sekarang.

Setelah beranjak remaja, Hari tidak bisa menutupi rasa malu kala itu. Terutama setiap dia mengurus administrasi di instansi maupun pada kesempatan lain saat namanya disebut. “Berikutnya DUA MALAM SEHARI!!” Setiap orang yang mendengar namanya Dua Malam Sehari terkekeh dan melayangkan ejekan.

Meski demikian, Hari tidak berpikir akan mengganti nama pemberian orang tua itu. Lelaki yang bekerja sebagai wirausahawan itu mengaku sudah tidak tersinggung dengan tatapan aneh orang-orang saat mendengar namanya. Cool ajah..hehe

TOP kan??
.

2. DITALENI RAFIA (DITA LENI RAFIA)

Tak kalah unik, yang satu ini seorang gadis asal Gunungkidul mendadak jadi viral. Hal tersebut tak lain lantaran namanya yang unik yakni Ditaleni Rafia (Dita Leni Rafia) atau jika dimaknai dalam bahasa Jawa diikat tali rafia.

Tapi siapa kira, nama yang terkesan diberikan secara sembrono itu ternyata diberikan bukan tanpa alasan. Bagi orangtua Dita Leni Rafia, Emy (39) dan Suro (47) pemberian nama unik tersebut punya tujuan tersendiri. Umy mengaku sebelum anaknya lahir, ia memang memiliki keinginan jika anaknya lahir perempuan maka akan diberi nama Dita.

“Nah saat itu benar-benar lahir perempuan. Dan saya tidak tahu nama seterusnya apa,” ujarnya, Selasa (7/7/2020) di rumahnya di Padukuhan Widoro RT 004/RW 007 Kalurahan Kanigoro Kepanewonan Saptosari.

Saat itulah ayahnya memiliki inspirasi tersendiri yaitu ingin anaknya diberi nama Ditaleni (Diikat). Sehingga biar lengkap dan unik maka lantas muncul ide dengan tambahan Rafia (Tali dari plastik warna-warni). Sehingga keduanya sepakat untuk memberi anak sulung mereka Dita Leni Rafia

Pemberian nama Dita Leni Rafia yang lahir pada tanggal 5 September 2002 tersebut sebenarnya juga memiliki makna karena anak sulungnya tersebut lahir perempuan maka harus diikat agar tidak pergi ke mana-mana. Tujuannya tidak lain agar anaknya lebih patuh kepada Agama dan kedua orangtuanya. Emhh gitu ya mak?

Umy bertutur, banyak tetangganya yang heran dengan pemberian nama anaknya tersebut. Bahkan Kepala Dukuh mereka menanyakan keseriusan pasangan suami istri ini dengan pemberian nama tersebut karena kemungkinan besar nanti ketika besar akan menjadi bahan bully-an. Namun keduanya tetap bersikukuh untuk tetap menggunakan nama tersebut.

“Semuanya mendukung, keluarga ataupun mbahe ndak apa-apa,” tuturnya.

Berkat keunikannya itu, nama Dita sempat viral di media sosial. Belakangan namanya yang terkenal pun turut mendongkrak jumlah followersnya di Instagram. Ia menyebut jumlah followersnya meroket sampai 4.000 lebih dalam 2 hari terakhir.

“Sebelumnya followers saya cuma 1.000. Sekarang menjadi 5.000 orang dan aktif berinteraksi,” katanya.

Wuih mantul tuh, setelah diberitakan ulang oleh Lembayungnew.com yakin deh akan naik lagi sampe jutaan folowersnya, Aamiin.

3. KELUARGA .COM (Dot Kom)
Keluarga dot kom

 

Kalau yang ini gak tanggung-tanggung, orang tuanya memberikan nama anak berakhiran .com (dot kom) kepada tiga orang anaknya.

Baru-baru ini, jagat media sosial dibuat riuh dengan kemuculan nama unik yang dimiliki tiga bersaudara di Gresik, Jawa Timur. Ketiganya sama-sama memiliki nama akhir Dot Com hingga viral dan menarik perhatian khalayak.

Mereka adalah  Salsabila Sofwah Alamak Dot Com, Mustagfirin Nazhmi Ramadhan Dot Com dan Daffa Fawwaz Robbani Dot Com.

Gak asal lho si babe dan nyak nya ngasih nama ini, usut punya usut, ternyata ada kisah menggelitik di balik nama unik kakak beradik  itu.

Hal itu disampaikan orangtua ketiganya yakni pasangan Miftahul Arifin dan Tutik Lestari. Alasan menamai anak Dot Com rupanya untuk mengingatkan kisah cinta mereka, romantis banget be..

Miftahul Arifin dan Tutik Lestari, kedua pasangan yang menamai tiga nama unik ini menjelaskan panjang lebar. Keduanya juga sempat kaget jika video anaknya viral di media sosial lantaran nama belakangnya yang unik.

“Awalnya dikasih tau anaknya, jika videonya banyak yang lihat karena namanya yang unik. Sebagai orang tua tentu ikut bangga, karena nama yang diperbincangkan itu punya sejarah sendiri,” kata Miftahul Arifin saat ditemui di kediamannya di Desa Cerme Kidul, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik, Rabu (6/1/2021).

Kepada Suara. com, Miftahul menceritakan pemberian nama ketiga anaknya itu punya kisah tersendiri. Hal itu tidak jauh dari cerita awal pertemuannya dengan Tutik Lestari yang akhirnya menjadi istrinya. Keduanya ditemukan di dalam situs media sosial era 90 an, namanya alamak.com.

Melalui situs itu, kedua pasangan ini saling kenal. Bahkan, Tutik Lestari yang saat itu masih bekerja di Kepualuan Batam, rela berkunjung ke Jogja untuk bertemu dengan Miftah.

Baca Juga:

■ Aksi Penggalangan Dana Oleh Keluarga Besar MPC PP Hari Ini Resmi Ditutup

■ Penggalangan Dana Oleh MPC PP Prabumulih

Tentu pertemuan itu sangat menyulitkan karena saat itu, telepon genggam sangat jarang dimiliki.

“Janjian ke tugu Jogja, tapi gak tahu yang mana orangnya. Karena pas janjian, lupa tanya pakaian warna apa. Jadi setelah menunggu lama, lihat ada orang yang tidak beranjak dari tempatnya, saya sapa ternyata dia,” kenang Miftah.

Sementara itu, Mustagfirin Nazhmi Ramadhan Dot Com mengaku, semula pembuatan video di Tiktok hanyalah iseng belaka. Ia juga kaget setelah video yang menunjukkan kartu keluarga (KK) itu banyak dilihat dan dikomentari.

Baca juga :

■ Gonjang-Ganjing Pilkada Kota Prabumulih

“Kalau semula sih malu dan marah kepada orang tua, karena memberikan nama aneh. Sebab pas di SD dulu, anak-anak sempat ngeledek namaku. Namun seiring waktu, saya malah lebih bangga karena nama itu unik dan banyak orang kenal,” ujarnya.

Hingga kini, Mustagfirin Nazhmi Ramadhan Dot Com malah dikenal dengan sebutan Dot Com oleh teman-temannya.

Lucunya lagi, karena dua saudaranya juga memilki nama dot com di belakangnya, ketika ada seorang memanggil ketiganya, semuanya menoleh.

Video yang diunggah di akin Tiktok Pribadinya @wakelotkangcopet88 sudah dilihat hampir 400 ribu akun. Rata-rata mereka tidak percaya ada nama orang yang menyamai alamat website.

4. JAS HUJAN

Pas banget untuk tahun 2021 ini cuaca sering ekstrim ya, hujan gak berhenti, aktivitas terhambat gara-gara gak ada Jas Hujan. Nah kali ini seorang warga di Blora, Jawa Tengah memiliki nama unik. Jashujan, begitu namanya. Mengemukanya nama Jashujan pun menambah daftar nama-nama unik yang sempat jadi perbincangan, seperti di atas.

Jashujan merupakan warga Dusun Kedungringin, Desa Sumberrejo, Kecamatan Randu Blatung. Pria 49 tahun itu adalah putra sulung pasangan suami istri Waji dan Rumi. Dia memiliki dua saudara.

Jashujan memiliki seorang istri bernama Pasirih (40) dan dua orang anak, masing-masing Juarni (25) dan Dila (18). Pekarjaan sehari-harinya adalah penggali pipa, namun saat musim hujan, ia beralih pekerjaan menjadi petani.

Jashujan mengisahkan bagaimana orangtuanya memberi nama “Jashujan”. Saat ia akan lahir, hujan turun begitu deras, namun orangtuanya tidak memiliki payung ataupun jas hujan saat akan pergi ke bidan. Kemudian, salah satu tetangga meminjamkan jas hujan.

“Kemudian orangtua memberi nama saya Jashujan,” ujar Jas, saat mengisahkan asal muasal namanya inspiratif banget tuh tetangga ya..

Kendati namanya tidak biasa, Jashujan tidak pernah malu memperkenalkan namanya itu. Bahkan ia merasa senang memiliki nama itu. Dia yakin, berkat namanya itulah, rezekinya selalu lancar dan jarang sakit.

Nah selain nama-nama di atas, banyak juga nama yang tak kalah unik,nyeleneh, bahkan kontroversial yang bisa kita temukan. Ada yang bernama Tuhan, Saiton, Pintu Perlintasan, Slamet Hari Natal, Perjuangan Dan Doa dan lain-lain.

Tentu bagi kita umat muslim dalam hal memberilan nama terhadap buah hati kita akan mengikuti anjuran para ulama sesuai dengan hadits Nabi Muhammad Saw.

dalam hadits riwayat Abu Dawud disebutkan:

“Sesungguhnya kalian akan dipanggil pada hari kiamat dengan nama kalian dan nama bapak–bapak kalian. Maka baguskanlah nama–nama kalian” (HR. Abu Dawud)

disampaikan Rasulullah dalam sebuah hadist:

“Sesungguhnya diantara kewajiban orangtua terhadap anaknya adalah mengajarinya menulis, memberikan nama yang baik, dan menikahkannya bila telah dewasa.” (HR. Ibnu Najar). (Raif)

Dikutip dari berbagai artikel.

One Reply to “Unik! Pemberian Nama Pada Anak Berdasarkan Kejadian, No 4 Persiapan Musim Hujan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *