Tahun 2021 Bank Sumsel Babel Cabang Prabumulih Menyiapkan Dana KUR Mikro Sebesar 5,4 M dengan Bunga Ringan

Listen to this article

PRABUMULIH. Lembayungnews|. Dalam mendukung program pemerintah, untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi masyaakat Kota Prabumulih, dalam masa pandemi ini. Bank Sumsel Babel mempersiapkan tambahan dana pinjaman untuk para pengusaha UMKM dalam bentuk kredit ringan yakni KUR.

Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan program prioritas pemerintah dalam mendukung UMKM berupa kebijakan pemberian kredit/pembiayaan modal kerja dan/atau investasi kepada debitur individu/perseorangan, badan usaha, dan/atau kelompok usaha yang produktif dan layak, namun belum memiliki agunan tambahan atau agunan tambahan belum cukup.

UMKM merupakan salah satu sektor unggulan yang menopang perekonomian Indonesia. Pelaku UMKM dan koperasi menempati bagian terbesar dari seluruh aktivitas ekonomi rakyat Indonesia mulai dari petani, nelayan, peternak, petambang, pengrajin, pedagang, dan penyedia berbagai jasa. Selain itu, UMKM memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Bank Sumsel Babel Cabang Kota Prabumulih melalui Kepala Cabangnya Tian Kedaumpu Yamin menjelaskan, bahwa untuk tahun ini pemerintah menyediakan pinjaman berupa KUR yang bunganya sangat ringan yakni 6% pertahun.

Saat dibincangi oleh media ini, Jumat 29/01/2021, Tian, menjelaskan bahwa ada 2 macam penyaluran KUR yakni KUR Mikro dan KUR kecil, adapaun untuk tahun 2021 BSB menyiapkan dana untuk masing-masing KUR tersebut sebagai berikut. Untuk KUR Mikro sebesar 5,4 M. Sedangkan untuk KUR Kecil sebesar 13,090 M.

“Untuk tahun 2021 ini KUR Mikro Bank Sumsel Babel mempersiapkan dananya sebesar 5,4 M, dengan plafon pinjaman sebesar 1-50 juta per debitur. dan untuk KUR Kecil sebesar 13,090 M, dengan besaran pinhaman 50-500 juta. Dari awal tahun kita sudah adakan pertemuan dengan Dinas-dinas terkait seperti Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Ketahanan Pangan, dan juga para pengusaha-pengusaha kota prabumulih, kita maunya ngambil data yang bank-able dan market-able biasanya dari komunitas-komunitas yang sudah terdata di dinas terkait. Konsep kami kedepannya, ingin bisa menyentuh komunitas dan paguyuban atau organisasi yang memang sudah memiliki data lengkap untuk bisa mengajukan Kredit Usaha Rakyat ini,” ungkap Tian

Lanjutnya lagi cara pengajuan pinjaman pun sangat mudah.

“Bagi yang ingin mengajukan pinjaman syaratnya sangat mudah, Persyaratan calon debitur:
1. KUR Mikro dengan plafon pinjaman sebesar 1-5 Juta dengan suku bungan 6% efektif per-tahun.
– Individu atau perorangan yang melakukan usaha produktif dan layak.
– Telah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan.
– Persyaratan administrasi, identitas berupa KTP, (suami istri bagi yang sudah berkeluarga), Kartu Keluarga, dan surat ijin usaha/ Surat Keterangan Usaha (SKU) dari kelurahan tempat dia melakukan usaha.

Baca Juga :

■ Walikota Prabumulih Dan BSB Prabumulih Mendukung Program Ipemi Dalam Meningkatkan Peluang Usaha Kuliner

■ Ini Kronologis Pembunuhan Ibu Kandung yang Sempat Viral

2. KUR Kecil dengan plafon pinjaman Rp50 juta sampai dengan Rp500 juta per debitur. Jenis KUR tersebut berupa kredit modal kerja dengan maksimum masa pinjaman 500 juta Suku bunga 6% efektif per tahun, bebas biaya administrasi dan provisi, serta dengan memakai agunan sesuai dengan peraturan bank. Dan SKU diketahui oleh Camat dikecamatan tempat calon debitur berusaha.” Jelas Tian, Kepala Cabang Bank Sumsel Babel Kota Prabumulih.

Dengan suku bunga 6% efektif per-tahun jika pinjaman 1 juta, dan angsuran yang dibayarkan sebesar Rp85 ribu perbulan, maka dalam 12 bulan debitur hanya mengembalikan pinjamannya sebesar Rp1.020 ribu pertahun. Ini tentunya sangat dapat menjadi peluang bagi para pelaku UMKM yang ingin mengembangkan usahanya di masa pandemi ini. (Raif)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *