KWT Yellow Cosmos Kelurahan Mangga Besar, Hari Ini Melakukan Panen Lele.

Listen to this article

PRABUMULIH. Lembayungnews|. Kelompok Wanita Tani (KWT) Yellow Cosmos, pimpinan Ibu Emilda Wati, hari ini melakukan panen ikan lele buat para pengurus KWT, didampingi Lurah Mangga Besar Ahmad Yani, dan juga Babinkamtibmas Kelurahan Mangga Besar Bripka Jhonni, dan beberapa anggota KWT yang tengah sibuk menyiapkan ikan lele yang baru diangkat dari kolam Bioflok. Senin 01/02/2021.

Saat dibincangi media pihak lembayungnew.com. yang berkunjung ke kolam Bioflok KWT Yellow Cosmos, Emilda menjelaskan kalau hari ini mereka panen lele sebanyak hampir 100kg/1 pikul dan akan dibagikan ke semua anggota KWT serta masyarakat terdekat yang ada di sekitar kolam.

“Hari ini kita sengaja panen untuk anggota pak, dan juga kita bagikan juga buat masyarakat yang berdekatan dengan bioflok ini,” ujar Emil yang juga sebagai staf kelurahan Mangga Besar.

Lanjutnya lagi, sebelumnya mereka panen di bulan November, yang hasilnya dijual dan dibelikan bibit kembali.

“Bulan November lalu kita sudah panen hampir sekitar 200kg, dan hasilnya kita jual lalu kita belikan bibit ikan Nila, dan ikan Patin, serta pangannya. Jadi, 3 bulan sekali kami panen, dan bulan ini kita panen khusus dibagi ke anggota dan masyarakat, mungkin mereka mau nyicip gimana hasil lele ini,” ungkapnya lagi.

Emilda Wati ketua dan anggota KWT Yellow Cosmos

“Kita berharap kedepannya pemerintah kota dan dinas terkait dapat juga memberikan bantuan kepada kami, karena rencananya kami akan memproduksi Abon Lele, nah dalam pembuatan Abon itu kita membutuhkan alat pengering minyak namanya Spinner, dan kita juga minta bantu dalam hal pemasarannya, karena kita terkendala juga dalam hal pemasaran, baik pemasaran ikan, maupun abon tadi,” beber Emil bersemangat.

KWT Yellow Cosmos diketahui adalah juga pemenang lomba Toga juara ke 2, pada tahun 2020 yang lalu, dan dengan kemenangan tersebut KWT ini mendapatkan bantuan kolam Bioflok, yang saat ini sudah mulai menghasilkan.

Dengan anggota yang sekarang berjumlah 30 orang, KWT ini optimis untuk periode yang akan datang akan merebut juara 1.

Lurah Kelurahan Mangga Besar Kecamatan Prabumulih Utara, Ahmad Yani mengimbau agar semua masyrakat dapat terus menjaga kebersihan, kerapian dan menjadikan halaman rumahnya menjadi Taman Obat buat keluarga.

“Saat ini kita sedang panen lele, bioflok ini mulai panen tahun 2020 yang lalu, dan memang sudah sangat fokus dengan kolam Bioflok ini, kami juga akan membentuk KWT tanbahan di RT 18, ini sedang berkoordinasi dengan masyarakat sana, untuk usulan warga dan anggota KWT nanti akan kita diagendakan pada musrenbang, kita akan bangunkan sumur bor, sesuai permintaan pak sahril selaku anggota pengurus kolam Bioflok, tadi. Saya sebagai lurah sangat mengapresiasi kegiatan positif warga ini, dan saya akan selalu suport sesuai permintaan pak Wali Kota,” ungkap Lurah Yani.

Baca Juga:

■ Giat Kelompok Wanita Tani (KWT) Ikhlas, Kelurahan Wonosari

“Pada lomba kemaren kita menaoat juara 2 dan anggota KWT disini sangat optimis akan meraih juara 1 pada lomba yang akan datang, kita membentuk KWT ini memang agak sulit awalnya, namun selarang malah warga yang meminta membuat KWT baru lagi, karena memang banyak manfaatnya, saya himbau buat semua warga teruslah berkarya, menjaga kebersihan kampung kita, menanam Toga untuk kepentingan keluarga kita sendiri di musim pandemi ini,” pungkas Ahmad Yani menjelaskan (Raif)

One Reply to “KWT Yellow Cosmos Kelurahan Mangga Besar, Hari Ini Melakukan Panen Lele.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *