Karamunting Community Karang Raja prabumulih

Listen to this article

PRABUMULIH. Lembayungnews|. Kolam Retensi Karang Raja berbenah, dengan kondisi pandemi yang belum tau kapan akan berakhirnya, mari kita tetap menjaga pola hidup sehat sesuai anjuran pemerintah, sembari menunggu Vaksin Corona Pfizer berteknologi mRNA, yang akan segera tiba ke wilayah kita masing-masing.

Masyarakat kota prabumulih membutuhkan sebuah tempat rekreasi yang sesekali dapat menjadi lokasi hiburan yang dapat memberikan sedikit ketentraman. Menjadi tempat alternatif mengajak keluarga menghabiskan waktu libur, dan menjadi tempat usaha bagi masyarakat sekitar, karena dengan adanya wabah ini, membuat kehidupan banyak masyarakat, terutama kalangan bawah, menjadi terganggu perekonomiannya.

Konsep Kegiatan Komunitas

Komunitas Karamunting Karang Raja Prabumulih mempunyai konsep kegiatan penghijauan sepanjang jalur sungai Kelekar, dan Kolam Retensi Karang Raja. Bukan cuma itu, namun wacana besar sudah sering menjadi bahan musyawarah bagi LSM Cahaya Negeri yang didalamnya ada Komunitas-komunitas pencinta alam, termasuk juga Komunitas Karamunting ini. Salah satu wacananya yakni menjadikan Kolam Retensi ini sebagai tempat wisata di kota prabumulih.

Baca Juga

■ Gerakan Tanam Pohon Nusantara, PT. Tirta Freshindo Jaya

■ Sidang Perkara Gugatan Hak Atas Tanah Regunjung Akan Dilangsungkan Tanggal 22 Desember Mendatang

Beberapa kegiatan Komunitas ini ialah dengan menanam kembali pohon buah yang berasal dari keluarga jambu-jambuan yakni KARAMUNTING. Membersihkan Kolam Retensi, dan mengkampanyekan pelestarian alam dan lingkungan tempat tinggal. Kebanyakan orang menganggap tumbuhan Karamunting, yang bernama latin Rhodomyrtus tomentosa ini hanya sebagai semak belukar yang tidak berguna, namun ternyata pohon ini adalah pohon yang kaya manfaat,

Komunitas Karamunting
Komunitas Karamunting

Di samping tekstur pohonnya yang juga masuk dalam kategori pohon yang dapat dikerdilkan, (bahan Bonsai) karena pohonnya yang keras, juga bunganya yang berwarna pink dan ungu, serta buahnya yang juga terlihat begitu eksotis, dari mulai saat putik muncul berwarna hijau, lalu mulai memerah dan menghitam jika sudah masak. Sangat indah dipandang di saat bunga dan buahnya tumbuh bersamaan. Hal ini bisa menjadi daya pikat dari pohon belukar ini. Ekstrak antosianin dari buah karamunting dilaporkan mempunyai aktivitas antioksidan yang kuat. Antioksidan diperlukan untuk mencegah atau mengurangi penyakit akibat  radikal bebas. Dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang dapat kita cari informasinya di internet.

Karamunting
Karamunting (Rhodomyrtus tomentosa)

Komunitas Karamunting

Fajar Amsani, Aris Handoko, Erwin, Jauhari, Rasman Ifhandi, M. Amin, sebagai pelopor penghijauan sepanjang Sungai Kelekar, akan siap bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup, Inagri serta komunitas-komunitas pencinta alam lainnya, demi terwujudnya sebuah harapan baru, menjadikàn Kelurahan ini sebagai salah satu tempat tujuan wisata. Karang Raja dahulunya adalah desa yang masih banyak ditumbuhi pohon-pohon buah yang bermanfaat bagi kehidupan Manusia dan Hewan, dengan bentangan sungai Kelekar yang memanjang dan berair deras mengalir sampai ke Provinsi, berbagai macam jenis Ikan air tawar sangat mudah didapatkan di sungai Kelekar ini dulu.

Lainnya : KEMBALI 4 TERSANGKA PEMUJA BARANG HARAM DI RINGKUS

Lalu pergeseran waktu merubah semuanya, pohon-pohon buah yang dahulu sangat mudah ditemui, kini menjadi hal yang langka, dan teramat sulit dijumpai. Pohon Cempedak, Buah Nasi-nasi, Buah Kecapi, Karamunting, Durian, Buah Rukam, Buah Selentik dan banyak lagi bermacam pohon buah yang dahulu sangat mudah dijumpai di Karang Raja.

Seperti hari ini Jumat, 18/12/2020 Dinas Lingkungan Hidup, Camat Kecamatan Prabumulih Timur, Lurah Kelurahan Karang Raja, serta segenap perangkat kelurahan, RW dan RT se-Karang Raja melakukan penanaman pohon Akasia, Mahoni, Alpukat, Kelengkeng dan Jeruk di sekitar Kolam Retensi Karang Raja. Ini merupakan awal dan sebagai pemicu semangat bagi komunitas Karamunting dibawah naungan LSM Cahaya Negeri Kota Prabumulih, untuk terus mengkampanyekan “Mengembalikan Kelestarian Alam serta Tumbuhan Lokal ” yang saat ini sudah makin tergerus oleh zaman.

Kelestarian Alam dan Lingkungan

Pentingnya menjaga lingkungan, wajib kita tanamkan sejak dini kepada para generasi muda kota ini, karena saat ini bagi kebanyakan anak muda, bentuk kepedulian terhadap perkembangan ekosistem alam yang natural bukan menjadi hal yang sexy untuk dibahas. Seiring dengan perkembangan teknologi yang makin canggih.

Kita ketahui bahwa lingkungan yang merupakan tempat tinggal semua makhluk hidup yang ada di muka bumi, termasuk manusia, hewan, dan tumbuhan harus kita jaga kelestariannya. Lingkungan yang asri, udara yang bersih, sangat penting bagi kelangsungan hidup penduduk bumi ini, terutama di masa pandemi dengan Virusnya yang siap menyerang siapa saja tanpa kenal dari strata mana dia berasal.

Mari galakkan menanam pohon dilingkungan kita, buat suasana halaman rumah kita asri dan menjadi tempat rekreasi keluarga tercinta. Mulai dari lingkungan kita sendiri, dan tebarkan kehangatan kepada sesama anak negeri.

■ LSM Cahaya Negeri Karang Raja.
■ Komunitas Karamunting
■ Serikat Petani Pejuang Sriwijaya

Rasman Ifhandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *