Masjid Besar Ar-Rahmah, Ada Pohon Kurma yang Sering Berbuah

Listen to this article

SAFARI RAMADHAN. Lembayungnews|. Salah satu pesona masjid yang juga Sangat terkenal di Kota Prabumulih ini, yakni dengan adanya pohon kurma yang sering berbuah. Masjid Ar-Rahmah berdiri di atas tanah wakaf berukuran 1.165 m². Dengan luas bangunan 400 m² dengan daya tampung jamaah mencapai 400 orang.

Masjid yang dibangun pada tahun 1989 ini juga setiap harinya menyelenggarakan kegiatan pendidikan (TPA, Madrasah, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) serta terus melakukan Pemberdayaan Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf.

Baca juga:

■ Masjid-Masjid Besar Kota Prabumulih, Salah Satu Masjid Tertua Kota Nanas An-Nuqoba

■ Masya Allah, Ini Masjid Tertua di Prabumulih, Masjid Tijanul Islam Tanjung Telang

■ Masjid-Masjid Besar Kota Prabumulih, Masjid Agung Nur Arafah

Rumah Ibadah yang beralamat di Kelurahan Pasar II Kecamatan Prabumulih Utara Kota Prabumulih, Meskipun tergolong Masjid yang masih belum terlalu tua, namun masyarakat Kota ini sangat faham dengan masjid yang juga banyak meninggalkan kisah dan sejarah bagi warga sekitar.

http://Berantasnews.co.id

Keunikan lain dari masjid Ar-Rahmah adalah dengan adanya sebatang pohon Kurma yang tumbuh dengan baik. Tak hanya tumbuh subur, pohon kurma yang tumbuh tepatnya di halaman Masjid Besar Ar Rahmah RW 1 Kelurahan Pasar II Kecamatan Prabumulih Utara ternyata juga berbuah setiap tahun.

Salah satu jamaah masjid Ar-Rahmah mengatakan kalau bibit kurma yang ditanam di halaman Masjid tersebut merupakan bibit yang dibawa oleh warga dari Mekkah usai melaksanakan ibadah di tanah suci.

“Kalau menurut cerita pengurus yang dulu, bibitnya ini dari salah satu pengurus Masjid yang pulang dari tanah suci, lalu ditanam disini. Alhamdulillah semenjak ditanam sekitar tahun 2010 an, pohonnya terus tumbuh dan mulai berbuah,” ungkap Saiful salah satu warga sekitar.

Selain halamannya yang luas, di sudut-sudut masjid ini juga tampak terlihat tertata rapi dan asri dengan berbagai bunga yang juga dipelihara dan diurus dengan baik. Sehingga terasa nyaman untuk berlama-lama duduk di sekitaran bangunan masjid sembari mendengarkan alunan ayat-ayat suci alquran mengalir lembut dari dalam ruangan yang juga megah dan sangat menenangkan hati.

Selamat menjalankan ibadah puasa dengan ikhlas dan penuh ketaqwaan kepadaNya. Mudah-mudahan kita semua akan mendapatkan pahala di sisi Allah Subhanahu Wa ta ala. Aamiin. (Raif)

Editor: Rasman Ifhandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *